Recent Post

1/05/2012

Menu Tradisional Minang Balado


MASAKAN padang merupakan menu makanan tradisional yang paling banyak diminati. Tidak hanya di tempat asalnya, namun merambah hingga pelosok tanah air. Termasuk di Makassar. Rumah makan (RM) padang menjadi satu pilihan tersendiri, bahkan banyak diminati warga. Dari sekian banyak pilihan, rumah makan padang terbaru hadir di Jalan Cendrawasih nomor tiga. Namanya rumah makan Minang Balado.

Supervisor RM Minang Balado, Reni dijumpai akhir pekan kemarin mengatakan tempatnya menghadirkan sensasi rasa dan tekstur yang berbeda. Dia bahkan berani menjamin hal itu, bila dilakukan perbandingan dengan tempat yang lainnya.

"Rasa yang kami tawarkan beda dengan rumah makan padang lainnya. Kita punya rasa pas dengan bumbu yang lebih soft. Tidak begitu menyengat seperti di tempat lainnya," ucap Reni.

Bila diamati beragam menu yang ada RM Minang Balado, tekstur dari sayur nangka, gulai cincang, ayam bakar, sambal goreng udang, dan juga sayur daun singkong memang berbeda dari kebanyakan yang ada.

Ayam bakar di RM Minang Balado warnanya sangat natural, dengan beberapa guratan hitam di bagian tulang. Menunjukkan resapan bumbu yang begitu dalam. Saat dikunyah, dagingnya empuk. Bumbu yang soft sesuai takaran, membuat ayam ini lebih terasa sempurna.

"Ayam bakar memang menjadi menu jagoan kami. Rasanya lezat, dengan bumbu khas yang begitu meresap sampai ke lapisan dagingnya," sebut Reni.

Tidak hanya ayam bakar, gulai cincang yang terbuat dari daging gandik sapi. Yaitu daging yang ada di tulang belakang leher sapi juga memperlihatkan tekstur yang kental. Warna dagingnya amat cokelat. Begitu pun dengan sayur daun singkong. Bila dibandingkan dengan menu sejenis di tempat lain, milik RM Minang Balado kuahnya lebih kental dengan gurih santan yang lebih terasa.

"Sayur Nangka kami juga beda. Bisa dibandingkan. Tekstur yang ada di sini seperti gulai. Jadi lebih kental dan nikmat. Sangat gurih," tutur Reni berpromosi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar