Recent Post

1/22/2012

Volumetrics Diet, Makan Kenyang Tetap Kurus!

Volumetrics Diet, Makan Kenyang Tetap Kurus!
Foto: freedomyou.com
Jakarta - Penurunan berat badan menjadi resolusi banyak orang tiap tahun. Jika Anda sering gagal berdiet karena tak bisa makan sedikit, mungkin diet yang satu ini bisa jadi solusi. Makan kenyang dan banyak tetapi badan tetap ramping. Mau?

Ada banyak metode diet yang diklaim mudah dilakukan dan optimal menurunkan berat badan. Salah satunya adalah Volumetrics Diet, yang dibuat oleh seorang ahli nutrisi dan peneliti, Barbara Rolls, Ph.D.

Rolls berpendapat jika orang merasa kenyang karena jumlah makanan yang dikonsumsi, bukan karena jumlah kalori atau lemak yang masuk. Dalam diet ini, pelaku diet boleh makan dengan jumlah besar sekalipun, asalkan dipilih makanan yang rendah lemak.

Volumetrics Diet cocok bagi orang yang hobi makan dan tidak suka terlalu banyak aturan saat makan. Satu syaratnya adalah harus suka makan buah dan sayur! Seperti dikutip dari health.usnews.com, jika mengikuti aturan dalam diet dengan tepat dan rutin, anda bisa turun 0,5 – 1 kg per minggunya.

Seperti namanya, Volumetric Diet mengutamakan volume atau porsi besar dalam menu makan. Jadi rasa kenyanglah tujuannya. Ada banyak jenis makanan yang rendah kalori, dan itulah yang boleh dimakan dalam jumlah banyak. Buah, sayur, sup, dan segala jenis makanan berprotein lainnya.

Rolls memberikan tips sukses Volumetrics Diet. Hindari makanan berbahan minyak dan mentega. Gantilah lemak jahat dengan lemak sehat yang dihasilkan dari ikan dan kacang. Makan makanan berlemak masih diperbolehkan, asal dalam jumlah yang sangat sedikit. Kemudian, pantau terus program diet, apa yang dimakan, dan jenis olahraga apa yang dilakukan.

Pola makan dalam Volumetrics Diet diilustrasikan seperti ini. Misalkan camilan sehari-hari adalah candy bar. Nah, jika diminta memilih antara satu candy bar dan tiga apel. Keduanya memiliki jumlah kalori yang sama.

Namun, candy bar hanya mengisi perut sebentar, dan dua menit kemudian biasanya akan mencari makanan lagi. Namun jika makan tiga apel, satu hingga dua apel saja bisa membuat kenyang lebih lama.

Untuk mengurangi kalori dan memberi rasa kenyang setelah makan, mulailah dengan makan semangkuk sup. Dalam salah satu penelitian Barbara Rolls yang dimuat di jurnal 'Appetite', makan sup sebelum makan siang dapat mengurangi kalori makanan sekitar 20 persen.

Alternatifnya, makanlah salad sebelum makan. Sebuah penelitian lain dari Rolls memperlihatkan jika makan salad dalam porsi besar sebelum menyantap hidangan utama dapat mengurangi kalori 12 persen.

sumber :  http://www.detikfood.com/read/2012/01/07/200558/1809521/900/volumetrics-diet-makan-kenyang-tetap-kurus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar