Recent Post

1/20/2012

Makanan Enak Untuk Berdiet Saat Liburan

6 Makanan Enak Untuk Berdiet Saat Liburan
www.taste.co.au 
Liburan tak harus berakhir dengan kenaikan berat badan. Kalau mau, Anda bisa tetap makan enak selama liburan dan berat badan tetap terjaga. Banyak sekali makanan enak, yang rendah kalori dan asyik disantap saat berlibur.

Seorang blogger gizi dan juga penulis Read It, Bonnie Taub-Dix mengatakan 'pembungkus makanan memiliki dampak pada berat badan, seperti makanan yang digoreng dan dibungkus dalam kemasan atau makanan yang mandi dalam saus dapat menambah berat badan yang tidak diinginkan.”

Beberapa makanan yang bernutrisi baik bisa dimakan saat liburan, seperti protein yang terdapat di udang, serat pada sayuran dan beta-karoten dalam ubi jalar. Demikian saran Dawn Jackson Blatner seorang ahli diet di Chicago.

Berikut beberapa makanan rendah kalori yang ditawarkan Taub-Dix, enak dimakan saat liburan tanpa takut berat badan naik :

Seafood dan Daging Ayam
Salmon rebus, satu porsi (100 g) mengandung 150 kalori juga mengandung asam lemak omega-3 yang dapat mengurangi lemak jahat. Selain itu udang rebus dengan dua sendok saus cocktail juga dapat menjadi pilihan tepat karna hanya berkalori 55 kalori. Dua tusuk sate ayam dengan mencelupkan sedikit saus kacang hanya mengandung 100 kalori.

Sayuran
Secangkir sayuran renyah (brokoli, wortel, kembang kol) yang ditambahkan 4 sendok makan hummus (makanan tradisional masyarakat Timur Tengah) hidangan kaya serat ini, hanya 100 kalori.
Selain itu secangkir sayuran yang diberikan 2 sendok makan saus, hanya 140 kalori dengan kandungan serat dan antioksidan yang dapat melawan penyakit dan juga membantu merasa kenyang lebih cepat.
Kemudian latke kentang, berkalori 200 - 250 kalori. Jika memakai topping krim asam 140 kalori, dan jika diberi saus apel maka kalorinya hanya 25 kalori.

Coklat dan Stroberi
Dua buah stroberi yang diberilapisan cokelat memiliki 60 kalori. Anda akan mendapatkan antioksidan dari stroberi dan cokelat, terutama jika menggunakan dark chocolate. Taub-Dix mengatakan “makanan ini mengandung kalori yang cukup baik sebagai makanan penutup”.

Almond
23 buah biji almond punya 170 kalori. Ini merupakan camilan yang kaya serat, protein dan lemak sehat. Almond lebih nikmat jika makan satu persatu sambil dinikmati kerenyahannya.

Keju dan Gandum
Dua buah keju dan 4 kerupuk gandum punya150 kalori dan Anda akan mendapatkan beberapa kalsium untuk tulang. Makan remah-remah roti dengan ditaburi keju parmesan dan ditambah minyak zaitun juga hanya 150 kalori. Selain kalsium yang didapat, juga mendapat beberapa vitamin D dan serat.

Wine dan Permen
Jika minum segelas wine akan mendapatkan 80 kalori. Pada beberapa penelitian yang telah dilakukan minum wine baik untuk jantung dan juga dapat membantu menurunkan berat badan. Dessert seperti candy cane peppermint juga baik dimakan saat liburan karena hanya terdapat 60 kalori tiap 50 gram.

Sumber : http://www.detikfood.com/read/2011/12/20/121734/1795390/900/6-makanan-enak-untuk-berdiet-saat-liburan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar