Recent Post

1/22/2012

Tips Menaikkan Berat Badan Untuk yang Kurus


Kurus+vs+gemuk Tips Menaikkan Berat Badan Untuk Anda yang Kurus
Menaikkan berat badan bagi beberapa orang mungkin bisa sesulit menurunkan berat badan terhadap orang obesitas. Badan terlihat kurus kadang dinilai kondisinya sehat jika dibandingkan terhadap badan yang obesitas.
Tetapi, kekurangan berat badan terlalu drastis cukup mengkhawatirkan jika apabila merupakan akibat penangaruh dari gizi buruk ataupun kondisi medis, dan memiliki masalah terhadap kesehatan lainnya.
Jika badan terlalu kurus, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter serta ahli gizi. Dengan cara berkonsultasi dengan dokter juga ahli gizi, akan bisa mendorong menaikkan berat badan tentunya dengan cara yang lebih sehat.
Seperti diambil dari MayoClinic, berikut merupakan beberapa cara sehat yang bisa untuk menaikkan berat badan bagi orang yang mimiliki  berat badan kurang alias kurus:
1. Frekuensi Makan lebih sering
Bila berat badan kurang, seseorang mungkin akan merasa kondisi lebih cepat kenyang. Dengan pola makan 5-6 porsi kecil diyakini lebih baik daripada 2-3 kali dalam jumlah porsi yang lebih besar.
2. makanan yang kaya gizi
Sebagai bagian dari pola diet sehat yang utuh, maka pilihlah makanan mengandung gizi tinggi. Dengan pilihan makanan yang memiliki gizi tinggi, seperti  roti gandum, pasta, sereal, buah-buahan dan sayuran, produk susu rendah lemak, sumber protein rendah lemak, kacang-kacangan dan biji-bijian.
3. Mengonsumsi minuman smoothies dan shakes
Lebih baik tidak mengonsumsi kopi ,soda,  dan jenis minuman lainnya yang memiliki sedikit kalori serta nilai gizinya rendah. Ada baiknya, minum smoothie juga shakes lebih sehat, minuman yang dibuat dengan susu yang memiliki rendah lemak serta jus segar.
Seperti dibeberapa kasus minuman cairan pengganti makan mungkin juga dianjurkan . Sebaiknya minum cairan pengganti makan pada saat 30 menit sebelum atau mungkin setelah makan. Ini dimaksudkan agar menghindari perut terasa kenyang sebelum makan.
4. Mengkonsumsi makanan ringan padat kalori
Camilan seperti kacang-kacangan, atau selai kacang, alpukat, keju,dan  buah kering. Cobalah kombinasi cemilan mengadung padat kalori, seperti :
a. Selai kacang dan sandwich jelly
b. Sandwich dengan irisan sayur
c. Sandwich dengan keju
d. Sandwich dengan alpukat
e. Sandwich dengan daging
5. Mengkonsumsi lebih banyak kalori dalam makanan sehari-hari
Dengan mengkonsumsi lebih banyak kalori dalam makanan sehari-hari, dengan cara kombinasi makanan misalnya:
a. Sup dan telur dadar
b. Keju di casserole
c. Susu tanpa lemak
6. Mengontrol asupan gula serta lemak
Walaupun ketika badan dalam kondisi sangat kurus, sadarilah apabila terjadi kelebihan gula juga lemak. Mengontrol pola konsumsi makan juga seperti menyediakan nutrisi, antara lain muffin gandum, atau yoghurt, dan pie buah.
7. Olahraga
Olahraga dengan teratur, utamanya latihan kekuatan, bisa membantu menaikkan kondisi berat badan dengan cara membentuk otot-otot pada tubuh. Olahraga juga diyakini bisa meningkatkan nafsu makan, yang akhirnya membantu meningkatkan berat badan
Sumber: http://www.gayahidup.net/tips-harian/tips-menaikkan-berat-badan-untuk-anda-yang-kurus.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar