Recent Post

1/22/2012

Sulit Tidur, Coba Makan Anggur!

Satu lagi manfaat buah anggur. Penderita insomnia atau susah tidur, ternyata bisa terbantu agar mudah memejamkan mata dengan buah ini. Demikian diungkap Ahli Kesehatan Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (1/7).
“Rahasianya pada melantonin,” kata Ali. Di dalam buah anggur, lanjut Ali, terdapat hormon yang dinamakan melantonin, hormon yang berfungsi untuk mengatur jam biologis tubuh kita. Mulai jam 18.00 hormon ini mulai membanjiri tubuh kita sampai penuh pada sekitar jam 22.00. “Pada saat itu kita mulai mengantuk dan tidur,” ungkap Ali.
Orang insomnia memiliki sedikit hormon melantonin ini. Tanda-tanda insomnia tidak hanya susah untuk tidur, tapi juga terbangun dari tidur lalu tidak bisa tidur lagi. Salah satu solusinya supaya bisa tidur adalah dengan mengkonsumsi anggur. “1 porsi anggur kiranya cukup,” tutur Ali. 1 porsi anggur sama dengan mengkonsumsi 6-8 buah anggur.
Melantonin ini hanya bekerja di malam hari, sedangkan pada siang hari tidak berfungsi karena ada sinar matahari. “Namun ia sering tertipu. Di saat kita berada di ruang gelap (walaupun pada siang hari) atau temaram maka melantonin akan keluar dan membuat kita mengantuk,” katanya.
Menurut Ali, mengatasi insomnia dengan mengkonsumsi anggur akan lebih baik jika dibarengi dengan minum susu. “Namun belum diketahui kapan lelapnya sejak ia makan anggur,” papar Ali.
Sumber : KOMPAS.com, 1 Juli 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar