Recent Post

1/03/2012

Dari semua jenis tahu, hanya tahu ini yang mengandung kebecekan

Dari semua jenis tahu, hanya tahu ini yang mengandung kebecekan


Di Surabaya sulit nyari penjual tahu gejrot. Pernah, teman saya di kantor, malam-malam sms. Tanya penjual tahu gejrot di Surabaya dimana? Tapi sayangnya saya nggak bisa jawab. Coba dia nanya tahu petis, tahu bulat, tahu crispy, tahu lontong! Saya pasti kasih tahu deh. Ndalalah kok, pas mau liputan ke Surabaya Hotel School (SHS) di Joyoboyo, saya malah ketemu penjual tahu gejrot. Langsung aja, saya suruh Anton si tukang ojek, buat minggir.
“Pak, gawekno yang superrrrrr pedes!” kata Anton
“Kalau mbaknya, lombok berapa?” tanya si penjual
“Saya, lombok satu tapi diparuh, pak!”
“Ha, kok aneh !!” katanya sambil geleng-geleng keheranan

Nama gejrot sendiri, kata si penjual, gara-gara kuahnya yang melimpah, dan ketika diulek bersama tahu, bunyinya jadi gejrat –gejrot gitu. Ya..untunglah nggak diberi nama Tahu becek or ngecembeng. Hihihihi….



Cara meraciknya mudah dan cepat. Tahu yang telah digoreng garing ini lalu dipotong kecil-kecil diletakan di atas mangkok. Bumbunya, cabe rawit, kemudian diberi irisan bawang merah dan bawang putih, dan diberi sedikit garam. Semuanya diulek kasar. Ulekan bumbu ini diguyur bumbu cair. “Ini campuran air gula merah, dan air asam,” katanya mengungkap rahasia di dunia pergejrotan.
Kata si penjual, kalau di Cirebon, aslinya, tahu gejrot disajikan di atas cobek kecil yang terbuat dari tanah liat. Nah, berhubung kuahnya banyak, dan sering amber, akhirnya dia memilih menggunakan mangkok saja. Yepp. Praktis sih, cuman sensasi bunyi gejrotnya jadi beda ya…

Rasa tahu gejrot ini memang nikmat. Paduan pedasnya cabe rawit, manisnya gula jawa, dan rasa segar dari asem, pas dengan tahu goreng. Karena melihat proses pembuatannya yang gampang. Saya jadi menyadari kesalahan kenapa dulu gagal di lomba tahu gejrot. Iseng-iseng, saya praktekin, buat tahu gejrot buat my sharuhkhan. Hasilnya …
“Ini tahu gejrot, apa semur, kok manis bangets!”

“Huaaah gagal maning… !”*histeris sambil nyokot Lap


Tahu Gejrot
PK5 Joyoboyo
Seberang Pom Bensin – sebelum SHS

Sumber: Jago Makan  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar