Recent Post

1/03/2012

5 Makanan Korea yang Harus Anda Coba


Bangsa Korea rupanya cukup unik di dalam melakukan pendekatan terhadap makanan. Makanan tampak menembus ke setiap aspek kehidupan. Jika Anda pernah menonton sebuah drama atau film Korea tak diragukan lagi Anda pasti pernah memperhatikan bahwa setidaknya ada satu adegan dimana seseorang sedang makan. Bahkan ada film-film dan drama-drama yang keseluruhannya didasari pada masakan Korea. Bagi orang-orang Korea, makanan merupakan hal yang lebih dari sekedar mengisi perut – makanan memberikan rasa, obat, dan hubungan dengan negara tersebut. Berikut adalah 5 sajian yang merupakan makanan yang paling lezat:

1. Seolleongtang (Sup Tulang Lembu)



Seolleongtang (sumber:wordpress.com)




Seolleongtang merupakan sebuah sup yang luar biasa populer di Korea – bahkan ada restoran-restoran yang khusus membuatnya. Dari semua hidangan dari kelima hidangan ini, seolleongtang adalah makanan yang paling lama dikonsumsi dimana Anda harus memasak beef bones (biasanya tulang kaki lembu tetapi bisa juga dengan buntut lembu) selama berjam-jam untuk melepaskan semua kalsium sampai tampak akhirnya berwarna sangat-sangat putih. Namun jangan tertipu oleh warnanya – makanan ini merupakan sup yang rasanya paling ‘berdaging’. Ketika Anda memasak tulang-tulang tersebut Anda juga dapat menambahkan satu bagian daging sapi yang besar dan lobak yang telah Anda potong-potong dan ditambahkan kepada sup tersebut pada satu menit terakhir. Walaupun sajian ini merupakan sup musim dingin, namun lezat juga pada musim panas. Kita juga dapat membuatnya dalam jumlah yang besar jadi Anda dapat membuatnya pada akhir pekan dan memakannya selama satu minggu. Di Korea, hidangan ini dapat disantap untuk sarapan – bukan hanya makan malam – disamping nasi, sup umum Korea dan makanan-makanan pendamping lainnya untuk sarapan.

2. Hoeddeok (Panekuk Sirup Manis)



Hoeddeok (sumber:wordpress.com)




Bila Anda memiliki gigi yang bagus, Anda akan dijamin puas dengan panekuk hebat ini yang dijual oleh penjaja-penjaja jalanan. Hidangkan ini sedikit lebih kompleks dibanding panekuk bergaya barat karena dibuat dengan adonan ragi namun hasilnya sangat sepadan. Adonannya (sebenarnya identik dengan adonan roti barat) diisi dengan campuran kayu manis, gula merah, dan buah kenari yang dipotong-potong dan digoreng di dalam wajan yang diberi sedikit minyak sampai campuran tersebut meleleh menjadi sirup. Hidangan ini benar-benar merupakan ratu panekuk dan sangat populer di kalangan anak-anak. Cobalah berikan panekuk ini untuk anak-anak – mereka akan mencintai Anda karenanya. Dan jika Anda tidak menyukai campuran tersebut atau tidak memilliki gigi yang bagus, Anda bisa mencampurnya dengan keju mozzarella.

3. Yangnyeom Tongdak (Ayam Goreng Bumbu)



Yangnyeom Tongdak (sumber:wordpress.com)




Saya jamin ketika Anda telah mencoba hidangan ini, Anda akan membuang KFC (Kentucky Fried Chicken) dan berganti ke KFC lainnya – Korean Fried Chicken. Ayam goreng ini terlalu lezat untuk dipercaya. Ketika Anda menggigit satu potongan ayam ini, awalnya Anda akan ditemui dengan saus merah pedas, manis, dan lengket. Namun kemudian gigi Anda mengerkah sebuah adonan yang dimasak tiga kali yang begitu garing sampai-sampai Anda tidak akan percaya bahwa hal ini ada. Kemudian Anda akan dibawa kepada ayam berbumbu di dalamnya dan sangat luar biasa lembabnya. Hidangan ini benar-benar merupakan salah satu makanan Korea yang paling lezat yang pernah ditemukan. Di Korea, ada banyak kedai yang menjual yangnyeom tongdak dengan versi khususnya sendiri dan mereka buka sampai tengah malam. Namun buatan rumah selalu lebih baik. Anda harus mencobanya sesegera mungkin.

4. Bulgogi (Barbekyu Daging Sapi Acar)



Bulgogi (sumber:wordpress.com)




Bulgogi adalah satu cara yang sangat serba guna dalam mengolah daging sapi dan yang telah dicontohkan oleh hampir semua orang barat di restoran-restoran Korea. Biasanya di barat, kita memakan bulgogi pada barbekyu korea – satu pinggan panas di tengah-tengah meja. Namun di Korea, cara ini hanya merupakan salah satu dari beberapa cara. Bisa dibuat menjadi masakah hotspot (baca: stew) atau sebagai dasar bagi hidangan-hidangan lainnya. Bulgogi adalah daging acar serba guna yang bahkan dapat Anda gunakan untuk mengganti daging babi cincang di dalam sanwis gaya barat. Bulgogi merupakan daging sapi yang dipotong-potong sangat tipis yang diacari di dalam saus yang terbuat dari jus buah per, bawang putih, saus kecap, dan banyak hal lainnya. Hasil akhirnya adalah potongan daging yang lembut, lezat dan manis. Hidangan ini juga mengandung lemak yang sangat rendah dan sangat sehat.

5. Bibimbap (Nasi Campur)



Bibimbap (sumber:wordpress.com)




Jika Anda hanya ingin mencoba satu resep dari kelima hidangan ini – cobalah bibimbap. Dalam bahasa Korea, “bibim” berarti “campur” dan “bap” berarti “nasi”. Semua bahannya kecuali dagingnya (pilihan) dipersiapkan di depan sehingga Anda dapat menambahkan bahan-bahannya di atas nasi kukus yang telah panas. Kemudian cepat-cepat Anda goreng dan tambahkan dagingnya dan telor mata sapi di atasnya. Bibimbap biasanya disajikan dengan saus pedas yang terbuat dari gochujang (pasta merica panas khas Korea) yang dapat Anda tambahkan sesuai selera Anda – yang memungkinkan Anda mengontrol seberapa pedas rasanya. Kemudian gunakan sendok Anda (makanan Korea selalu disajikan dengan sumpit logam dan satu sendok) untuk me-”bibim”-nya sampai benar-benar tercampur. Triknya adalah melihat seberapa banyak makanan ini yang masuk ke dalam mulut Anda dalam satu suap! Hidangan ini merupakan sensasi rasa dan tidak mungkin Anda tidak jatuh cinta pada gigitan pertama.
Sumber: listverse.com, Uniknya.com, Desember 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar