Recent Post

1/03/2012

Wanita Ini Fobia Buah Pisang Selama 20 Tahun



Wanita Fobia Buah Pisang Selama 20 Tahun
Paula Ross (metro)
Psikologi Zone – Paula Ross, seorang wanita yang tengah mengalami trauma ketakutan pada buah pisang. Waktu kecil ia pernah dipaksa untuk memakan buah ini, hingga perlakuan tersebut membuat ia ketakutan luar biasa pada buah pisang.
Bukan hanya memakannya, bahkan ketika ia melihat dan mencium bau pisang, ia bisa panas dingin. Ketakutan akan pisang ini dikarenakan ketika ia kecil pernah mendapatkan kekerasan dan paksaan memakan buah pisang oleh teman-temannya di sekolah.
“Mereka mengejarku dengan pisang, aku takut dan mereka malah tertawa, mereka pikir itu lucu,” kata Paula, Jumat 1 Juli 2011.
Ternyata, kini Paula telah menghindari pisang selama 20 tahun, ia juga menolak untuk memakan pisang selama itu. Usia Paula kini sudah menginjak 23 tahun, setelah menjalani proses terapi psikologi, ia sudah dapat mengurangi perasaan takutnya pada pisang.
Terapi dilakukan dengan bantuan psikolog John Bruce. Terapi yang dijalani adalah program neuro-linguistic. Program ini dapat membantu pasien untuk mengubah perasaan takut pada benda tertentu dan kemudian menanamkan persepsi positif pada benda tersebut.
“Sekarang saya sudah berani memegang pisang. Saya juga merasa tenang ketika makan siang bersama dengan teman-teman. Kalaupun ada yang membawa pisang, saya sudah tidak takut lagi,” akunya.
Bruce mengatakan bahwa ia sebelumnya tidak pernah melihat ada orang yang fobia dengan pisang. Ia juga mengaku heran ketika bertemu Paula pertama kali. (mba-tmpi)
Dia kemudian mengajak Paula untuk menghilangkan rasa takutnya, yaitu mengubah persepsinya ketika melihat pisang yang dianggap menakutkan, menjadi buah pisang yang menenangkan dan menyenangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar