Recent Post

1/01/2012

Makanan Jika Mabuk Perjalanan


resep masakan


Saat musim liburan seperti ini, mungkin karena berpergian atau pesta tahun baru Anda terserang mabuk. Rasa lelah dibarengi masuk angin, mual-mual, ataupun pusing. Untuk mengatasinya ada beberapa makanan yang dapat mengobatinya.

Pada penelitian yang dilakukan oleh University of California, San Fransisco, yang dimuat pada Annuals of Internal Medicine, tahun 2000 mereka menggambarkan mabuk ditandai dengn 'sakit kepala, diare, mual, lemas, dan pucat.' Mabuk karena bepergian, lelah dan bisa juga karena minum minuman beralkohol berlebihan. Cobalah atasi dengan beberapa makanan yang dapat membantu menghilangkan mabuk.

1. Sup Ayam



Seperti yang diketahui sup hangat memiliki rasa yang segar dan dapat menghangatkan tubuh. Sup juga dapat meredakan flu dan mencegah dehidrasi. Makan sup ayam dengan tambahan garam dapat mengatasi dehidrasi akibat minuman beralkohol.

2.Salmon




Salmon mengandung nutrisi yang dapat membantu meringankan rasa sakit atau mabuk, karena mengandung vitamin B6 dan Omega 3. Vitamin B6 dapat membantu mengurangi gejala mabuk. Selain itu omega-3 juga dapat meningkatkan mood. Makan salmon dengan nasi merah dapat meningkatkan gula darah yang dapat membuat tubuh menjadi lebih segar.

3. Buah Segar



Kandungan gula pada bauh atau fruktosa dapat membersihkan kadar alkohol dalam tubuh lebih cepat. Meskipun tidak ada bukti kuat yang mengatakan seperti itu, fruktosa akan membuat lebih baik keesokan harinya. Jadi tidak ada salahnya makan buah.

4.Ginggerbread Cookies



Ginggerbread lebih sering ditemukan saat akhir tahun seperti sekarang ini. Salah satu bahan utamanya adalah jahe, yang akan membantu meringankan gangguan lambung. Mual merupakan gejala utama dari mabuk. Beberapa penelitian menemukan, makan jahe merupakan cara yang efektif untuk mengurangi gejala sakit perut dan mual.

5. Air Putih



Selain makan sup, juga harus menghindari minuman berkafein selama minimal 24 jam dengan fokus tidak minum teh atau kopi. Minuman berkafein dapat membuat dehidrasi yang menyebabkan sakit kepala akibat kelelahan. Minumlah air putih dalam jumlah cukup.

6. Sereal



Pada Journal of Clinical Nutrition tahun 2002, menemukan bahwa konsumsi alkohol kronis secara signifikan dapat mengurangi penyerapan asam folat pada makanan. Sementara itu makan sereal dingin akan membuat merasa lebih baik karena sereal kaya akan asam folat. Mendapatkan cukup asam folat dapat menjaga tubuh tetap sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar