Recent Post

1/01/2012

Kiat Cegah Gejala Iritasi Usus


Kiat Cegah Gejala Iritasi Usus nandyala.org

SINDROM iritasi usus atau irritable bowel syndrome (IBS) adalah penyakit atau kelainan fungsi usus. IBS biasanya ditandai dengan beberapa gejala kurang berfungsinya usus seperti nyeri perut, kembung, dan gangguan pencernaan seperti diare dan sembelit.

IBS kerap dilalami mereka yang berusia kurang dari 35 tahun. Kaum hawa berisiko dua kali lipat lebih besar terkena penyakit ini ketimbang pria. Penyebab IBS antara lain gangguan pergerakan usus, gangguan fungsi otot kandung kemih, genetik, intoleransi karbohidrat, faktor psikososial, dan visceral hypersensitivity.

IBS sebenarnya bisa dicegah dengan menghidarkan diri dari stres serta meminum obat.

Obat hanya diberikan dokter bila terjadi indikasi lebih. Karena sebanyak 50 persen kasus gejala IBS biasanya akan mereda dan menghilang setelah 12 bulan.

Untuk pencegahan, Anda bisa membiasakan pola makan yang sesuai. Berikut beberapa kiat mencegah timbulnya gejala IBS yang disarankan American Dietetic Association.

1. Buat jadwal makan dan usahakan untuk selalu menaatinya.
2. Ketimbang menjadwalkan tiga waktu makan besar, semisal sarapan, makan siang, dan makan malam, coba makan makanan dalam porsi sedikit tapi dilakukan dalam beberapa waktu dalam sehari.
3. Kunyah makanan secara perlahan.
4. Perbanyak makanan kaya serat seperti makanan bergandum, sayuran, dan buah.
5. Minum banyak air dan sebisa mungkin hindari kafein dan alkohol.
6. Coba deteksi gejala IBS yang Anda alami dan lihat kaitannya dengan pola makan Anda sehingga terlihat pemicunya.

SUMBER  MI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar