Langsung ke konten utama

Resep Sederhana dan Sehat untuk Makan Bersih Sehari-hari



Makan sehat itu nggak harus ribet, kok! Hari ini, aku mau kasih tau kamu gimana caranya menikmati hari penuh makanan bersih dan sehat, tanpa perlu banyak bahan atau waktu lama di dapur. Resep-resep ini sederhana, pakai bahan-bahan yang mudah kamu temuin di supermarket, dan cuma butuh kurang dari satu jam untuk disiapin. Udah siap? Yuk, kita mulai!

Pertama, sarapan yang gampang banget dan bisa disiapin malam sebelumnya: Overnight Oats. Kamu cuma butuh satu menit buat nyiapin ini sebelum tidur, dan paginya bisa langsung grab and go! Caranya gampang banget, cukup tambahin 3/4 cangkir oat (yang gulung, ya, jangan instant) ke dalam wadah yang bisa ditutup. Tambahin juga 3/4 cangkir susu favorit kamu, bebas mau susu sapi atau susu nabati. Lalu, masukin ke kulkas semalaman. Paginya, kamu bisa tambahin topping seperti buah beri dan sirup maple. Voila, sarapan sehat siap dinikmati!

Kalau kamu kerja di luar rumah, mungkin enak juga nyiapin makan siang dari malam sebelumnya. Biar kamu nggak tergoda makan yang nggak sehat saat laper berat, lebih baik siapkan Quinoa Lunch Bowl! Pakai panci presto buat masak quinoa, biar cepat. Masukin 1 cangkir quinoa dan 1 cangkir air ke panci presto, lalu tambahin 2 telur dingin langsung dari kulkas ke dalam panci (telur ini buat protein di lunch bowl kita). Masak selama satu menit dengan tekanan tinggi, lalu biarkan uapnya keluar secara alami.

Sambil nunggu quinoa dan telur mateng, siapkan sayuran. Ambil satu mentimun kecil, satu wortel, segenggam tomat ceri, dan sedikit peterseli. Iris tipis mentimun, parut wortel, dan cincang halus peterseli. Oh, jangan lupa bikin dressing sederhana dari 1/2 buah lemon, 1 sdm minyak zaitun, sedikit garam laut, dan lada secukupnya. Kocok semuanya di dalam jar sampai tercampur rata.

Setelah quinoa dan telur siap, taruh setengah quinoa ke dalam wadah kedap udara, tambahkan sayuran yang udah kamu siapkan tadi, dan satu telur yang udah direbus. Dressing-nya baru tuang pas kamu siap makan, ya, biar sayurannya nggak layu. Simpel, kan?

Nah, buat makan malam, mari kita bikin yang tetap sehat tapi super lezat: Chicken Thigh with Sweet Potato and Asparagus. Ambil dua paha ayam tanpa kulit dan tulang, lalu bumbui dengan paprika, oregano, bubuk cabai, garam laut, dan lada hitam. Sementara itu, kupas satu ubi jalar dan potong menjadi irisan setebal setengah inci. Panaskan minyak alpukat di atas wajan, masukkan ayam dan ubi ke wajan panas, goreng selama lima menit di setiap sisi. Setelah itu, tambahkan sedikit air untuk deglaze wajan, tambahkan asparagus hijau, dan tutup wajan. Biarkan semua mengukus selama sekitar 20 menit hingga ubi empuk.

Setelah selesai, sajikan ayam, ubi, dan asparagus di piring, dan jangan lupa siram dengan jus dari wajan, karena itu bagian paling enak! Makan malam sehat, enak, dan nggak ribet!

Nah, itu dia sehari penuh makan bersih, dimulai dari sarapan yang cuma butuh satu menit, makan siang yang cuma butuh 20 menit, dan makan malam yang bisa kamu santaiin karena 20 menit dari total waktu 40 menit adalah waktu nunggu sambil masak. Jika kamu tertarik menjadikan pola makan bersih sebagai gaya hidup, cobain dulu selama 6 minggu. Kamu bakal ngerasa lebih segar, dan dijamin deh, junk food bakal kerasa jauh banget!


Sumber: Clean Eating For Beginners - Never Diet Again

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jangan Makan Terlalu Banyak Jika mau Otak Sehat

Tweet Otak merupakan organ yang sangat penting bagi kehidupan manusia, di mana sebagian saraf ada pada organ tersebut, karena itu sudah sepatutnya bagi kita untuk menjaga kesehatan otak . Salah satu cara menjaga kesehatan otak adalah dengan mengurangi porsi makan. Tak hanya menyehatkan, makan dengan porsi sedikit juga diklaim dapat menajamkan daya ingat. Para ilmuwan dari Italia telah melakukan sebuah penelitian berkaitan dengan hal ini. Mengurangi makan diketahui dapat membatasi atau bahkan mengurangi kalori dalam tubuh, di mana hal tersebut bisa sangat berguna bagi pelaku diet dan menurut para ahli medis, hal ini memang menyehatkan tubuh. Seorang peneliti bernama Giovambattista Pani lalu memfokuskan diri pada sebuah protein bernama CREB1 . Protein ini sendiri dikenal sangat penting dalam memori otak . Penelitian ini sendiri diujicobakan terhadap hewan pengerat. Dari uji coba tersebut diketahui bahwa tikus yang asupan

Tempat Makan Bajak Laut

Foto: Bondan Winarno   Ada-ada saja cara para restaurateur menarik pengunjung. Berbagai thema di-eksplorasi untuk membuat tamu berminat dan kemudian betah nongkrong ditempatnya. Calico "meminjam" setting dan thema bajak laut. Calico sendiri punya banyak makna. Yang umum kita ketahui, calico adalah nama lain untuk kain blacu. Calico juga nama sebuah kota di California yang di masa lalu terkenal di masa kejayaan penambangan emas di sana. Tetapi, Calico juga banyak dikaitkan dengan para perompak alias bajak laut. Di awal abad ke-18, seorang nakoda bernama John Rackham dari Inggris Raya dikenal sebagai perompak yang paling berjaya di kawasan Bahama. "Keperkasaannya" sebagai bajak laut diakui orang dengan memberinya nama jagoan: Calico Jack. John Rackham ini pulalah yang memperkenalkan bendera Jolly Roger – bergambar tengkorak dan tulang tungkai yang tersilang di bawahnya – yang kemudian menjadi lambang para bajak laut sedunia. Resto Calico ini, te

Cara Makan Sayuran Pendamping Sambal

Sayuran lalapan pendamping sambal bisa dimakan dengan ragam pilihan cara, direbus atau dimakan mentah. Namun, tidak semua sayuran bisa dimakan mentah. Makan sayur pendamping sambal juga ada caranya. Dikukus atau direbus? Sebagai lalap, sayur lebih baik dikukus agar kandungan vitamin tidak larut dalam air. Namun, cara ini menyebabkan warna sayuran kurang menarik, terutama pada sayuran hijau. Saat merebus sayur gunakan air secukupnya. Masukkan sayuran bersih setelah air mendidih, beri tutup, segera angkat, dan tiriskan sebelum sayur menjadi terlalu lunak. Sebagian besar jenis sayuran memang terasa hambar, bahkan ada yang terasa getir. Untuk mengatasi rasa getir, tambahkan satu atau dua sendok teh gula pasir saat merebusnya. Anak-anak juga akan suka makan sayur dengan cara merebus seperti ini. Pastikan sayuran bersih jika memilih makan sayur mentah untuk pendamping sambal, pastikan Anda sudah mencucinya hingga bersih. Cuci sayuran de