Langsung ke konten utama

Membuat Spam dan Telur dengan Sentuhan Kreatif: Resep yang Mudah dan Lezat

 


Siapa yang menyangka bahwa kombinasi sederhana antara spam dan telur bisa berubah menjadi hidangan yang menggugah selera? Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana membuat hidangan spam dan telur yang tidak hanya praktis tetapi juga lezat, serta beberapa tips untuk memberikan sentuhan kreatif pada hidangan ini.

Pertama, kita mulai dengan mempersiapkan spam. Spam yang sudah dikeluarkan dari kaleng dipotong tipis-tipis. Untuk mengurangi rasa asin dan minyak berlebih, spam yang sudah dipotong kemudian direndam dalam air panas. Setelah itu, spam dicincang halus untuk memudahkan proses memasak.

Panaskan wajan dan tuangkan sedikit minyak goreng. Meskipun spam sendiri sudah mengandung minyak, menambahkan sedikit minyak goreng akan membantu proses memasak menjadi lebih merata. Tumis spam hingga berubah warna dan mulai harum. Untuk memberikan rasa yang lebih dalam, tambahkan 1 sendok makan kecap asin, 1 sendok makan anggur masak, dan 1 sendok makan oligosakarida, lalu tumis kembali hingga bumbu meresap dan airnya menguap.

Sementara itu, siapkan daun bawang seberat 30 gram dan cincang halus. Daun bawang ini akan memberikan aroma segar dan rasa yang lezat pada hidangan. Siapkan juga 4 butir telur, kocok lepas dalam sebuah mangkuk, lalu tambahkan 1 sendok makan cairan tuna (bisa diganti dengan garam) dan sedikit lada hitam. Aduk rata, kemudian tambahkan daun bawang cincang dan aduk kembali.

Setelah semua bahan siap, campurkan spam yang sudah dimasak dengan dua mangkuk nasi hangat. Jangan lupa tambahkan sedikit wijen agar nasi lebih harum. Aduk hingga rata. Sebelum menambahkan spam ke dalam nasi, disarankan untuk mengeringkan minyak berlebih menggunakan tisu dapur agar nasi bisa menggumpal dengan baik.

Untuk penyajian, letakkan selembar rumput laut di atas selembar plastik pembungkus, kemudian susun nasi spam secara memanjang di atasnya. Lipat sisi plastik pembungkus, lalu gulung dengan rapat. Setelah itu, panaskan kembali wajan dengan sedikit minyak goreng dan tuang campuran telur dan daun bawang tadi. Masak dengan api kecil agar telur matang merata. Saat telur mulai setengah matang, letakkan nasi spam di atasnya, lalu gulung perlahan. Proses ini memerlukan kesabaran agar hasilnya rapi dan cantik.

Tambahkan sisa telur yang belum digunakan ke bagian bawah gulungan untuk memastikan semua bagian telur menempel dengan baik. Gulung kembali dengan hati-hati, tekan-tekan sedikit agar gulungan rapat, dan masak hingga matang sempurna. Setelah matang, dinginkan sebentar hingga telur sedikit mengeras, lalu potong-potong sesuai selera. Sajikan di atas piring dan tambahkan saus tomat untuk sentuhan akhir.

Hidangan spam dan telur ini bukan hanya praktis untuk dibuat, tetapi juga penuh dengan rasa yang lezat. Cocok disajikan sebagai bekal atau dinikmati bersama keluarga di rumah. Yuk, coba buat sendiri di rumah dan rasakan kelezatannya!




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jangan Makan Terlalu Banyak Jika mau Otak Sehat

Tweet Otak merupakan organ yang sangat penting bagi kehidupan manusia, di mana sebagian saraf ada pada organ tersebut, karena itu sudah sepatutnya bagi kita untuk menjaga kesehatan otak . Salah satu cara menjaga kesehatan otak adalah dengan mengurangi porsi makan. Tak hanya menyehatkan, makan dengan porsi sedikit juga diklaim dapat menajamkan daya ingat. Para ilmuwan dari Italia telah melakukan sebuah penelitian berkaitan dengan hal ini. Mengurangi makan diketahui dapat membatasi atau bahkan mengurangi kalori dalam tubuh, di mana hal tersebut bisa sangat berguna bagi pelaku diet dan menurut para ahli medis, hal ini memang menyehatkan tubuh. Seorang peneliti bernama Giovambattista Pani lalu memfokuskan diri pada sebuah protein bernama CREB1 . Protein ini sendiri dikenal sangat penting dalam memori otak . Penelitian ini sendiri diujicobakan terhadap hewan pengerat. Dari uji coba tersebut diketahui bahwa tikus yang asupan

Tempat Makan Bajak Laut

Foto: Bondan Winarno   Ada-ada saja cara para restaurateur menarik pengunjung. Berbagai thema di-eksplorasi untuk membuat tamu berminat dan kemudian betah nongkrong ditempatnya. Calico "meminjam" setting dan thema bajak laut. Calico sendiri punya banyak makna. Yang umum kita ketahui, calico adalah nama lain untuk kain blacu. Calico juga nama sebuah kota di California yang di masa lalu terkenal di masa kejayaan penambangan emas di sana. Tetapi, Calico juga banyak dikaitkan dengan para perompak alias bajak laut. Di awal abad ke-18, seorang nakoda bernama John Rackham dari Inggris Raya dikenal sebagai perompak yang paling berjaya di kawasan Bahama. "Keperkasaannya" sebagai bajak laut diakui orang dengan memberinya nama jagoan: Calico Jack. John Rackham ini pulalah yang memperkenalkan bendera Jolly Roger – bergambar tengkorak dan tulang tungkai yang tersilang di bawahnya – yang kemudian menjadi lambang para bajak laut sedunia. Resto Calico ini, te

Cara Makan Sayuran Pendamping Sambal

Sayuran lalapan pendamping sambal bisa dimakan dengan ragam pilihan cara, direbus atau dimakan mentah. Namun, tidak semua sayuran bisa dimakan mentah. Makan sayur pendamping sambal juga ada caranya. Dikukus atau direbus? Sebagai lalap, sayur lebih baik dikukus agar kandungan vitamin tidak larut dalam air. Namun, cara ini menyebabkan warna sayuran kurang menarik, terutama pada sayuran hijau. Saat merebus sayur gunakan air secukupnya. Masukkan sayuran bersih setelah air mendidih, beri tutup, segera angkat, dan tiriskan sebelum sayur menjadi terlalu lunak. Sebagian besar jenis sayuran memang terasa hambar, bahkan ada yang terasa getir. Untuk mengatasi rasa getir, tambahkan satu atau dua sendok teh gula pasir saat merebusnya. Anak-anak juga akan suka makan sayur dengan cara merebus seperti ini. Pastikan sayuran bersih jika memilih makan sayur mentah untuk pendamping sambal, pastikan Anda sudah mencucinya hingga bersih. Cuci sayuran de