Recent Post

1/01/2012

Sehatnya Makan Kol Brussel


Sehatnya Makan Kol Brussel thedailygreen.com

KOL brussel, brussel sprouts, atau tunas kubis adalah tunas-tunas yang tumbuh di samping pohon. Bentuknya seperti kepala kubis, tetapi ukurannya lebih kecil dengan diameter sekitar 2,5-5 cm. Dinamakan demikian karena sayuran ini pertama kali dibudidayakan di Brussel, Belgia.

Apa saja khasiat sayuran mungil yang satu ini? Berikut manfaatnya seperti dikutip dari Zest.com:

1. Mencegah kanker
Kol brussel kaya akan zat antikanker. Penelitian telah menunjukkan bahwa kol brussel memiliki kombinasi khusus dalam pencegahan kanker seperti sinigrin.

2. Rendah kolesterol
Santaplah kol brussel yang telah dikukus. Kol ini ampuh dalam menurunkan kolesterol. Kol kukus meredakan asam lambung, membuatnya lebih mudah dikeluarkan dari tubuh sehingga menurunkan kadar kolesterol.

3. Sumber protein
Meskipun mereka tidak mengandung semua protein yang dikandung daging, protein yang ada pada kol brussel dapat menggantikan peran protein daging bila dimakan dengan biji-bijian.

4. Rendah kalori
Kol brussel secara alami rendah lemak dan kalori serta tinggi serat. Memakan sayuran ini tentu akan membuat kita kenyang tapi tetap sehat.

5. Kaya vitamin
Kol brussel kaya akan vitamin C, vitamin K dan vitamin E, yang akan membantu sistem kekebalan tubuh, mencegah osteoporosis, dan menyehatkan kulit.

sumber :MI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar