Recent Post

1/02/2012

Menu Lokal dalam Sajian Hotel Berbintang



MENIKMATI menu lokal daerah Sulsel lainnya akan terasa biasa saja, bila dinikmati pada  warung-warung tertentu di Makassar. Namun bagaimana jadinya bila Coto, Sop Konro, dan berbagai penganan khas daerah dijajakan di hotel bintang lima sekelas Grand Clarion Hotel Makassar?

Satu opini yang langsung tertancap di pemikiran kita, biasanya menu lokal khas daerah naik kelas menjadi menu promosi sebuah hotel akan memiliki citarasa yang berbeda. Namun tidak sama halnya yang dijumpai penulis saat berkesempatan mencicipi menu Sop Konro dan berbagai penganan lain khas daerah lainnya, di Grand Clarion akhir pekan ini.

Rasa Sop Konro yang dijumpai di warung ternama yang telah beroperasi puluhan tahun di Makassar, sama dengan semangkuk Sop Konro yang disajikan Grand Clarion dari racikan bumbu Chef Hary Suharyono yang notabena bukanlah warga pribumi.

Aroma rempah yang kental ditambah gurihnya bumbu racikan, menghasilkan rasa Sop Konro yang sangat menggugah selera. Aroma kuah yang tajam dihasilkan dari paduan racikan kaldu sapi, jeruk nipis, bawang goreng, dan keluwak. Rasa nikmat yang semakin memanjakan lidah bertambah lezat dengan hadirnya daging empuk, yang menempel pada beberapa ruas tulang iga yang telah dipotong beberapa bagian.

"Gurihnya Sop Konro ini dibuat dari bahan dasar yang benar-benar terjamin mutunya. Mulai dari bahan rempah atau bumbu sampai daging pada tulang iga kita pilih yang bermutu terbaik, sehingga begitu menyatu dengan bumbu maka rasanya akan sangat gurih dan nikmat," papar Hary.

Menu ini, sebagaimana Coto Makassar dan Sop Saudara yang disajikan juga dilengkapi aneka sambal. Baik sambal tauco maupun sambal tumis. Lalu ada pula jeruk nipis dan juga kecap manis sebagai pelengkap rasa. Setiap pengunjung dapat meracik rasa akhir yang diinginkannya. Hal ini merupakan gebrakan baru yang dilakukan pihak Grand Clarion.

"Biasanya kan setiap masakan yang disajikan di hotel berbintang telah diracik langsung chefnya, sehingga pengunjung tidak bisa berkreasi meracik makanannya dengan rasa yang ia inginkan. Nah, di promo spesial makanan khas daerah ini, kami memberikan keleluasaan untuk pengunjung meraciknya sendiri," sebut Hary.

Satu lagi yang istimewa di promo masakan lokal kali ini, sebab menurut Hary semua menu yang tersaji tidak menggunakan penyedap rasa. Adanya kelezatan yang istimewa dikarenakan bahan dasar yang terjamin mutunya.

"Masakan apapun kalau bahan dasarnya memiliki kualitas yang baik, maka tidak perlu penyedap rasa. Cukup dibumbuin sedikit saja, maka rasa gurih dari material masakan itu akan tereksplor dengan sendirinya," papar Hary panjang lebar.

Boleh jadi yang dikatakan Hary ada benarnya. Sebab mencicipi Sop Konro di Legend Coffee Shop Grand Clarion Hotel Makassar sama enaknya ketika kita menyantap menu yang sama di bilangan Jalan Lompobattang. Begitu pun dengan Coto Makassar yang disajikan, sama enaknya ketika kita mencicipi menu yang sama di Jalan Nusantara, Makassar. (rhd)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar