Recent Post

1/01/2012

Makanan Ibu Hamil

Lihat gambar ukuran penuh

Selama kehamilan, wanita membutuhkan jumlah nutrisi yang cukup untuk pengembangan organ janin. Perubahan hormonal yang meningkatkan sensitivitas juga mempengaruhi wanita pada tiga bulan pertama.

Wanita hamil harus berhati-hati mengasup makanan. Makanan kaya protein, vitamin, mineral dan asam folat baik untuk dikonsumsi setiap hari. Sementara itu, sebaiknya hindari makanan yang mengandung asam lemak tak jenuh agar tubuh tetap sehat dan melahirkan bayi yang sehat.

Beberapa makanan yang sangat penting bagi ibu hamil tiap hari, seperti dikutip Method of Healing yaitu:

1. Sereal
Ibu hamil perlu mengonsumsi makanan yang mengandung sereal tiap hari. Sebab, sereal mengandung aneka mineral, vitamin B, karbohidrat dan kalsium yang dibutuhkan untuk melakukan aktivitas sehari-hari dan memberi nutrisi ke janin. Selain sereal, roti gandum utuh yang mengandung energi dan serat dapat mengurangi plak di pembuluh darah dan mengatur tekanan darah.

2. Produk Susu
Berbagai macam produk susu diperlukan untuk menjamin ibu hamil cukup protein dan mineral. Protein sangat penting bagi pertumbuhan jaringan baru bayi dan memperbaiki jaringan rusak, pembentukan otot, jaringan, dan untuk transportasi oksigen ke janin. Produk susu juga mengandung kalsium yang dibutuhkan untuk perkembangan tulang. Susu kedelai mengandung jumlah yang cukup vitamin D dan dapat dimasukkan dalam makanan.

3. Buah dan jus
Jus jeruk dianjurkan selama kehamilan karena mengandung vitamin C yang diperlukan untuk kekebalan tubuh dan memerangi infeksi. Buah seperti pisang dan apel baik dimakan sebagai cemilan diantara waktu makan untuk menjaga energi tetap stabil. Asupan makanan kaya zat besi membantu dalam mencegah anemia. Selain itu, salad buah dapat dijadikan menu harian sebab mengandung serat yang membantu meningkatkan metabolisme dan kekebalan tubuh.

4.Sayuran
Sayuran berdaun hijau seperti bayam kaya zat besi yang dibutuhkan untuk pembentukan hemoglobin dalam tubuh manusia. Hemoglobin mengangkut oksigen ke sel-sel tubuh dan memberikan energi. Sayuran hijau juga mengandung mineral yang dibutuhkan ibu dan janin.

5.Ikan
Ikan dianggap menu efektif yang kaya protein dan asam lemak omega-3 yang sangat berguna bagi pembentukan otak janin. Tetapi Anda harus berhati-hati untuk tidak mengonsumsi ikan yang mengandung merkuri tinggi.Kurangi asupan lemak tinggi terutama daging merah, karena dapat meningkatkan kadar lemak jenuh dalam tubuh.

6.Kacang-kacangan
Kacang-kacangan seperti kedelai, kacang merah, kacang hijau mengandung asam folat dan Vitamin B yang diperlukan untuk pengembangan sistem saraf pada bayi. Kacang juga mengandung protein yang berguna bagi energi dan kekebalan tubuh.

Semoga bermanfaat bagi ibu yang lagi mengandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar