Recent Post

1/03/2012

Khasiat Madu sebagai Makanan Ibu Hamil


Khasiat madu sebagai salah satu makanan ibu hamil sudah tidak diragukan lagi. Selain bergizi, madu ternyata bermanfaat bagi wanita selama menjalani proses kehamilan. Madu bisa digunakan untuk meringankan berbagai keluhan selama kehamilan, seperti:

Rasa Panas dalam Perut (Heartburn)
makanan ibu hamil
makanan ibu hamil
Rasa panas dalam perut ini merupakan keluhan umum pada wanita hamil. Hormon yang dilepaskan selama masa kehamilan memungkinkan terjadinya pelunakan sphincter antara kerongkongan dan lambung. Ketika hal ini terjadi, maka asam lambung akan kembali naik ke kerongkongan dan menyebabkan sensasi terbakar. Hal ini bisa terjadi di bulan-bulan terakhir kehamilan, saat bayi mendorong semua organ ke atas. Anda juga mungkin mengalami hearburn ini sebagai sensasi terbakar di tenggorokan atau dada. Wanita lain merasakan keluhan ini sebagai benjolan besar yang seakan-akan berada di tenggorokan dan dada bagian atas. Untuk meminimalkan keluhan ini, Anda bisa mengatasinya dengan minum resep campuran madu dan susu untuk membantu menetralkan asam lambung. Resep ini baik dinimun setiap malam menjelang tidur.

Pilek Selama Kehamilan
Pilek merupakan keluhan yang cukup umum selama kehamilan. Wanita hamil cenderung lebih rentan karena sistem kekebalan tubuh mereka menurun dan selaput lendir mereka cenderung membengkak selama kehamilan. Hal ini dapat membuat Anda sulit untuk menghilangkan batuk dan pilek, dan bisa menganggu pernafasan. Untuk menghindari pilek, Anda bisa meningkatkan konsumsi makanan yang kaya vitamin C termasuk buah-buahan dan jus buah. Banyak wanita juga merasakan bahwa minum teh yang dicampur lemon dan membantu bisa membantu meringankan rasa tidak nyaman serta sakit pada tenggorokan.

Morning Sickness
Morning sickness adalah keluhan umum yang dialami hampir 70 persen wanita hamil. Cirri umum dari keluhan ini adalah mual dan atau muntah selama beberapa lama, terutama dalam trimester pertama kehamilan. Dalam kasus yang lebih berat, morning sickness bisa menyebabkan penurunan berat badan, kekurangan gizi atau komplikasi kesehatan yang lebih serius bagi ibu dan anak yang sedang berkembang.
Obat tradisional yang dipergunakan untuk mengurangi mual adalah snack ringan serta soda. Jahe juga efektif untuk melawan penyakit sistem reproduksi dan pencernaan karena merangsang sirkulasi dan mendukung suplai darah yang baik untuk organ-organ reproduksi dan pencernaan. The jahe dan susu adalah obat yang bagus untuk mual dan muntah.
Hati-hati
Meskipun ada banyak solusi alami selama kehamilan dan pengobatan madu dikenal cukup aman dalam membantu meringankan beberapa efek samping yang umum atau keluhan kehamilan (madu tidak diperbolehkan untuk bayi baru lahir dan dibawah 1 tahun) namun ingatlah bahwa sesuatu yang alami tidak selalu berarti aman, misalnya ada banyak herbal yang sebaiknya dihindari selama kehamilan.
Demikian penjelasan singkat mengenai khasiat madu sebagai salah satu makanan ibu hamil, semoga membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar