Recent Post

1/03/2012

Khasiat  Buah mengkudu Untuk kesehatan


Adakah dari kita yang tidak kenal buah mengkudu ? sungguh malang kalo ada yang tidak kenal buah mengkudu (nama latin Morinda citrifolia) . Buah berwarna hijau berbintik yang mengandung banyak sekali khasiatnya bagi kesehatan. Khasiat buah mengkudu sudah dikenal sejak lama. Sejak zaman nenek moyang kita.
Menurut Djoko Maryono, dokter spesialis internis dan kardiologis Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), Jakarta, mereka yang berusia emas sangat cocok mengonsumsi buah mengkudu  Karena khasiatnya.
Beberapa khasiat yang di dapat dari buah mengkudu antara lain :
  1. Buah mengkudu berkhasiat sebagai sumber antioksidan yang dapat mengunci radikal bebas yang bisa menurunkan daya tahan tubuh.
  2. Khasiatnya juga dapat meningkatkan fungsi kelenjar tiroid dan kelenjar timus. Kedua kelenjar ini mempunyai fungsi melawan infeksi dan menjaga kekebalan tubuh. Menurunnya fungsi kelenjar ini akan membuat tubuh mudah terserang penyakit.
  3. Buah mengkudu mengandung mineral yang berfungsi memperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan. Dengan begitu, jantung tidak perlu bekerja terlalu keras untuk memompa darah. Alhasil, tekanan darah pun bisa normal.
  4. Buah mengkudu juga dipercaya bisa mengendalikan sel kanker dan tumor. Memang, jika kanker atau tumor sudah muncul, maka pengobatan berupa operasi atau kemoterapilah yang dibutuhkan. Namun, mengonsumsi buah mengkudu secara teratur bisa menghambat pertumbuhan sel tumor atau sel kanker lebih besar.
  5. Buah mengkudu mengandung dua belas zat aktif yang berkhasiat pengobatan. Diantaranya adalah yang disebut Anthraguinone dan Scopoletin yang aktif sebagai antimikroba, sehingga penting dalam mengatasi peradangan dan alergi. Komponen aktif yang terkandung dalam buah mengkudu juga berperan dalam meremajakan sel-sel tubuh dan mencegah perkembangan sel kanker.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar