Recent Post

1/01/2012

Cara Makan Sayuran Pendamping Sambal

Sayuran lalapan pendamping sambal bisa dimakan dengan ragam pilihan cara, direbus atau dimakan mentah. Namun, tidak semua sayuran bisa dimakan mentah. Makan sayur pendamping sambal juga ada caranya. Dikukus atau direbus?
Sebagai lalap, sayur lebih baik dikukus agar kandungan vitamin tidak larut dalam air. Namun, cara ini menyebabkan warna sayuran kurang menarik, terutama pada sayuran hijau. Saat merebus sayur gunakan air secukupnya. Masukkan sayuran bersih setelah air mendidih, beri tutup, segera angkat, dan tiriskan sebelum sayur menjadi terlalu lunak.
Sebagian besar jenis sayuran memang terasa hambar, bahkan ada yang terasa getir. Untuk mengatasi rasa getir, tambahkan satu atau dua sendok teh gula pasir saat merebusnya. Anak-anak juga akan suka makan sayur dengan cara merebus seperti ini.
Pastikan sayuran bersih jika memilih makan sayur mentah untuk pendamping sambal, pastikan Anda sudah mencucinya hingga bersih. Cuci sayuran dengan menggunakan aliran air. Lalu rendam sayur dengan larutan kalium permanganat atau larutan khusus untuk mencuci sayur yang tersedia di pasar swalayan.
Pastikan Anda memakan sayuran mentah yang terjaga kebersihannya. Jangan konsumsi sayur setelah lebih dari 12 jam Lalap sayuran mentah atau matang yang tak habis dimakan dapat disimpan dalam wadah kedap udara atau dalam lemari es.
Nah kalau Anda ingin mengonsumsi kembali sayuran matang yang disimpan di lemari, keluarkan sayuran 1-2 jam sebelum disantap. Biarkan dinginnya hilang sendiri tanpa harus dikukus atau direbus kembali. Tetapi sebaiknya jangan mengonsumsi sayur setelah lebih dari 12 jam usai dikukus atau direbus.

Sumber : KOmpas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar