Recent Post

1/01/2012

Cara Hindari Kentut dan Sendawa


Hindari_Kentut_dan_Sendawa_Sembarangan handbag.com

MESKI remeh, bila kelepasan, buang gas bisa menjadi hal yang sangat memalukan. Buang gas adalah hal yang normal, tapi ada beberapa orang yang bermasalah karena tak mampu menahan dan terlalu sering melakukannya.

Kegiatan buang gas juga sering kali dianggap tak sopan, apalagi bila terjadi di depan orang lain sama seperti bersendawa yang mengeluarkan napas tak sedap.

Masalah gas timbul karena konsumsi makanan yang menimbulkan pembentukan gas dalam tubuh. Bila kelebihan gas, kita akan merasa kembung dan sakit perut. Adapun sembelit merupakan salah satu masalah yang timbul akibat perut kembung yang disebabkan sisa makanan terlalu lama berada di usus besar. Saat keluar, gas akan berbau busuk. Untuk menghindarinya, cobalah ikuti beberapa tips berikut:

1. Hindari makan makanan berkadar lemak tinggi karena bisa menghasilkan banyak gas karbon dioksida yang akan dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk gas.

2. Begitu juga makanan berkarbohidrat. Kelebihan karbohidrat dapat menyebabkan masalah gas.

3. Kurangi jumlah udara yang ditelan dengan mengurangi berbicara dan tertawa sambil makan. Makan dan minumlah perlahan dengan mengunyah makanan Anda dengan baik.

4. Mengunyah permen karet dan merokok bisa menyebabkan kelebihan udara dalam tubuh. Udara yang terlalu banyak ini menyebabkan kembung.

5. Hindari makan makanan pedas karena bisa meningkatkan asam lambung yang bisa menyebabkan iritasi.

6. Kelebihan minuman seperti teh, kopi, minuman bersoda, dan alkohol juga cenderung menyebabkan iritasi pada saluran gastro-intestinal.

7. Makanan seperti kacang-kacangan, kembang kol, kubis, brokoli, kacang, dan pisang juga harus dihindari karena menimbulkan gas.

8. Setelah makan, cobalah berjalan-jalan atau menaiki tangga, ketimbang hanya duduk dan menumpuk makanan di perut Anda untuk beristirahat. Aktivitas fisik bisa membantu pencernaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar