Recent Post

1/01/2012

5 Tempat Makan yang Berpotensi Bikin Gemuk


5 Tempat Makan yang Berpotensi Bikin Gemuk sxc.hu

MEMANG kita tak mungkin selalu makan semua jenis makanan, baik berat maupun ringan, di meja makan. Tapi tanpa disadari ternyata saat makan di tempat-tempat seperti di jalan atau sambil melakukan sesuatu yang lain, kita akan lebih cenderung mengkonsumsi kalori ekstra. Untuk mencegah kenaikan berat badan yang tak diinginkan, hindari mengunyah di lima tempat ini.

1. Di depan televisi
Terlebih bila ditayangkan berbagai iklan makanan, itu akan menggugah selera makan Anda. Tidak mengherankan bila nantinya Anda menuju ke dapur dan membawa kembali kantong keripik, es krim, dan cokelat. Tidak ada yang salah dengan mengemil di depan televisi, tapi pastikan Anda tidak mengonsumsi berlebihan.

2. Di meja kerja
Ini adalah suatu kebiasaan yang sulit dihindari apalagi saat waktu senggang atau tak sempat pergi keluar membeli makan siang. Sama seperti makan di mobil atau di depan televisi, Anda akan sibuk bekerja dan tidak memperhatikan apa yang dimakan. Sebelum menyadarinya, Anda sudah melahap satu piring makanan dalam hitungan menit. Jika memungkinkan, luangkan 15 menit pergi dari meja untuk makan di luar.

3. Di tempat tidur
Ada beberapa alasan orang makan di tempat tidur, tapi apakah Anda tengah merasa sakit atau hanya merasa sedikit malas? Makan di tempat tidur memang kurang baik karena karena membuat kita makan tanpa berpikir dan menciptakan area tidur yang kurang higienis. Hindari makan di tempat tidur dengan makan malam di meja makan.

4. Di dalam mobil
Makan sembari berkendara bukanlah ide yang baik. Makanan yang cepat diambil lalu dikunyah cenderung tinggi kalori. Ketika makan saat mengemudi, Anda sering mengunyah makanan dengan cepat untuk menghindari tangan terlepas dari kemudi. Anda juga begitu sibuk memperhatikan jalan dan tidak melihat berapa banyak makanan yang telah dikunyah. Jika Anda memang harus makan di mobil, belilah camilan sehat sehingga Anda tahu persis berapa banyak kalori yang dikonsumsi.

5. Berdiri di dapur
Ketika ke hendak dapur untuk mengambil satu camilan, Anda akan dikelilingi oleh makanan sehingga tak mengherankan pada ujungnya Anda akan makan lebih banyak. Yang terburuk adalah makan sambil berdiri di depan kulkas yang terbuka atau lemari. Jika Anda lapar dan ingin mengemil, persiapkan porsi yang sesuai dalam mangkuk atau piring dan duduk di meja untuk menikmatinya.

SUMBER: MEDIA INDONESIA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar